SUKSESKAN RAPAT KERJA NASIONAL FEDERASI SERIKAT PEKERJA NIAGA, BANK, JASA, DAN ASURANSI, 19-20 NOPEMBER 2011

Selasa, 06 Desember 2011

Direksi Bank Bukopin Diduga Lakukan Intimidasi dan Aksi Pemberangusan Terhadap Serikat Pekerja Bentukan Karyawan

Lantaran dianggap kritis dan tak kenal kompromi, sehingga pembentukan Serikat Pekerja Bukopin, sekaligus sejumlah pengurusnya diminta mengundurkan diri oleh pihak Direksi Bank Bukopin. Direksi Bank itu berang akibat kevokalan para karyawan yang tergabung dalam serikat pekerja. Bahkan, mereka di intimidasi agar tidak mendukung Serikat Pekerja tersebut. Padahal, keberadaan serikat pekerja itu telah didaftarkan di Sudin Nakertrans sesuai pencatatan No.640/V/VIII/2011 tanggal 11 Agustus 2011.

Sikap kritis karyawan dianggap berseberangan dengan kebijakan yang diambil Pengusaha/Direksi. Tak ayal, lima orang pengurus SP tersebut dimutasi ke lain daerah. Tak tanggung-tanggung mereka dipindahkan ke Makassar, Sulawesi Selatan, Semarang Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lantas yang paling ekstrim diminta mengundurkan diri/PHK.

Bahkan bukan itu saja, akibat kesewenang-wenangan Direksi Bank Bukopin, sejumlah karyawan harus rela menelan pil pahit. Misalnya, yang sebelumnya menduduki jabatan kepala Divisi, kini mereka dipindahkan menjadi staf Dirut. Lantas, kepala Divisi digeser menjadi kepala cabang.

Mirisnya lagi, dua orang pengurus yang sedikitnya telah mengabdi 24 tahun dan bekerja baik bukannya mendapatkan perlakuan yang apik, tapi mereka justru diturunkan 2 level menjadi staff biasa lantaran menolak untuk dipindahkan. Demikian diungkapkan Ketua Umum SPB, Nazri Nasir di Jakarta baru-baru ini.

Masih menurut Nazri, akibat kebijakan Direksi yang serba merugikan karyawan dan karyawati yang semena-mena, tak heran jika ratusan bahkan ribuan karyawan menginginkan perubahan.

Menyikapi seputar persoalan ini, langkah awal mereka telah melaporkan, sekaligus mengadukan permasalahan ini ke Depnakertrans. Lembaga ini akan segera melakukan penyelidikan, dan meminta bantuan LBH untuk melakukan pembelaan terhadap perlakukan Direksi terhadap karyawan yang dirugikan, pungkasnya.

sumber : http://metro.kompasiana.com/2011/12/06/direksi-bank-bukopin-diduga-lakukan-intimidasi-dan-aksi-pemberangusan-terhadap-serikat-pekerja-bentukan-karyawan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar