SUKSESKAN RAPAT KERJA NASIONAL FEDERASI SERIKAT PEKERJA NIAGA, BANK, JASA, DAN ASURANSI, 19-20 NOPEMBER 2011

Senin, 19 Desember 2011

Pekerja Minta Realisasi Pemulihan Kondisi PT IKI

Serikat Pekerja (SP) PT Industri Kapal Indonesia (IKI) mendukung rencana pemulihan kondisi perusahaan tempat mereka bekerja. Apalagi, kondisi PT IKI disebutkan semakin memburuk. Kesejahteraan pekerja pun tidak kunjung membaik dalam lima tahun terakhir.

Hal ini diungkap Ketua Umum SP PT IKI, MA Muchtar, saat bertandang ke redaksi Harian FAJAR, Senin, 19 Desember. Muchtar didampingi Ketua Majelis SP PT IKI, Akhyaruddin, dan Ketua Harian SP PT IKI, Syahrul Rauf. Ketiganya didampingi sejumlah pekerja PT IKI lainnya.

Dijelaskan Muchtar, nasib 400 pekerja PT IKI tidak menentu. "Gaji pun tidak jelas. Seperti buruh harian, kami kadang terima gaji setiap minggu," kata Muchtar.

PT IKI sendiri sudah dikunjungi Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, bulan lalu. Oleh Dahlan, PT IKI diprediksi bisa membaik dalam tiga bulan. "Inilah yang kami harapkan. Semoga pemulihan kondisi PT IKI bisa segera direalisasikan," ujar Muchtar.

Diakui Muchtar, pihak pekerja sudah pernah mengajukan surat terkait kondisi perusahaan ini ke Kementerian BUMN. Termasuk mengungkap banyaknya fasilitas yang tidak bisa lagi digunakan. Hanya saja, hingga kemarin, mereka belum mendapat balasan dari surat itu.

"Kami juga sudah pernah menggelar pertemuan dengan jajaran direksi PT IKI. Pihak direksi sendiri tetap berjuang mengurus permodalan negara guna membangkitkan kembali beberapa fasilitas yang rusak," ungkap Syahrul Rauf.

Selain itu, diungkapkan pula bahwa direksi PT IKI sudah beberapa kali menggelar pertemuan dengan Dok Surabaya. Pertemuan ini sebagai tindak lanjut kerja sama kedua perusahaan. Dok Surabaya diharapkan bisa menjadi "induk semang" bagi PT IKI.

Para pekerja berharap, pemulihan perusahaan perbaikan kapal laut tempat mereka bekerja segera dilakukan. Sebab, ungkap Muchtar, langkah ini sangat menyangkut kesejahteraan para pekerja. (yun)

sumber : http://www.fajar.co.id/read-20111219235319-pekerja-minta-realisasi-pemulihan-kondisi-pt-iki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar